Proses Mendaftar S2 di Universitas Swedia

Proses Mendaftar S2 di Universitas Swedia

Proses pendaftaran universitas di Swedia cukup anti-mainstream dibandingkan negara-negara lainnya. Di Swedia, pendaftaran berlaku dengan sistem satu pintu, yaitu di sini . Kamu cukup melewati satu portal untuk mendaftar ke lebih dari satu universitas/jurusan di negara ini. Hal ini tentu berbeda dengan negara lain pada umumnya dimana kamu harus melakukan pendaftaran pada masing-masing universitas secara terpisah. Berikut proses pendaftaran universitas di Swedia dan beberapa tipsnya:

Penting untuk Diketahui

  1. Proses pendaftaran dibuka sejak awal Desember hingga pertengahan Januari.
  2. Buat user account di sini.
  3. Log in dengan akun tersebut
  4. Kamu bisa memilih hingga 4 jurusan/universitas dalam sekali pendaftaran. Perhatikan urutan prioritas jurusan/universitas pilihan kamu. Pilihan nomor 1, berarti menjadi prioritas pertama bagi kamu, dan seterusnya.
  5. Submit dokumen pendukung sesuai dengan permintaan jurusan. Dokumen yang di-scan adalah dokumen asli. Untuk dokumen berwarna, scan juga harus berwarna. Dokumen di-scan dalam format pdf. Semua dokumen yang ada di dalam satu kategori (misalnya, ijazah dan transkrip) harus dijaikan dalam satu file.  Secara umum, dokumen yang dibutuhkan untuk di-upload adalah a) Scan IELTS, b) Scan ijazah dan transkrip asli, c)Scan paspor, d) Letter of Motivation, Recomendation Letter, Essay (beberapa jurusan bahkan tidak membutuhkan ini)
  6. Usahakan sistem penamaan dokumen yang baik sehingga kamu bisa memastikan apa yang sudah di-upload dan yang belum. Hal ini juga meminimalisisr kemungkinan salah upload.
  7. Dokumen yang sudah di-upload tidak bisa dihapus. Layaknya kamu mengirim surat via pos, gak mungkin kan kamu minta penerima mengirim kembali dokumen yang sudah kamu kirim.
  8. Application fee sebesar 900 SEK. Kamu memilih 1 jurusan/universitas saat mendaftar, 2 jurusan/universitas, atau bahkan 4 sekaligus, maka biayanya tetap 900 SEK (sekitar 1,5 juta-an).
  9. Mendapatkan application number

Dalam kurun waktu pendaftaran masih dibuka, kamu masih bisa mengubah urutan prioritas jurusan/universitas. Tetapi, apabila kamu ingin mengganti jurusan/universitas yang sebelumnya tidak kamu pilih, artinya kamu harus memulai proses pendaftaran yang baru dan mendapatkan application number yang baru.

Dengan demikian, proses pendaftaran via online telah selesai.

Eits, masih ada kelanjutannya:

  1. Beberapa dokumen yang diminta oleh jurusan tertentu untuk mengirimkannya via pos (misal: portofolio desain dll) harus diterima pihak admission di Swedia pada awal Februari
  2. Sejak pendaftaran ditutup hingga pengumuman akhir Maret, kamu bisa melihat status seleksi untuk setiap jurusan yang kamu apply. Antara dokumen yang kamu submit telah memenuhi persyaratan sehingga dapat diseleksi bersama pendaftar lain atau tidak memenuhi.
  3. Sekitar akhir Maret, pengumuman atau First Notification of Selection Results sudah keluar. Kenapa “first”? Karena apabila posisi kamu di jurusan yang kamu inginkan masih reserve (penjelasan di poin berikutnya)maka kamu masih bisa berharap di Second Selection Results.
  4. Pengumuman yang muncul di Notification of Selection Results dapat terbagi menjadi tiga jenis jawaban; Admitted, artinya kamu ditawarkan seat untuk jurusan tersebut. Deleted, artinya kamu tidak memenuhi peryaratan yang diminta, bisa jadi karena ada dokumen yang kurang, sulitnya verifikasi dokumen tersebut, dan alasan-alasan reasonable lainnya. Selain itu, bisa juga dikarenakan kamu telah diberikan seat di jurusan yang prioritasnya lebih tinggi. Reserve, artinya kamu masuk waiting list. Mereka juga sangat transparan lho menyebutkan kamu berada di prioritas nomor berapa. Untuk penjelasan lebh lanjut tentang reserve list, klik di sini
  5. Membalas offer. Penting dan wajib bagi kamu untuk membalas Notification of Selection Results sehingga kamu meng-keep seat yang telah ditawarkan ke kamu, atau ditempatkan di reserve list untuk selanjutnya mengikuti seleksi second round yang akan diumumkan sekitar akhir April
  6. Sebagian besar pendaftar akan bingung dengan status Conditionally Admitted. Lho kok Conditionally sih? Di beberapa negara, status conditionally berarti ada dokumen atau persyaratan yang belum dipenuhi, misalnya sertifikat bahasa. Berbeda halnya dengan di Swedia. Conditionally Admitted berarti kamu, sebagai pelajar berwarga negara Indonesia, belum membayar tuition fee (mahasiswa non-EU/EEA/Nordic country/Switzerland wajib membayar tuition fee. Sedangkan, mereka yang penduduk Swedia/negara EU-EEA/dan ketentuan lainnya seperti ketentuan di sini gak perlu membayar application dan tuition fee)

Semoga bermanfaat dan Good luck for your application!

Leave a Reply