Aplikasi Residence Permit Swedia

Aplikasi Residence Permit Swedia

Postingan ini memberikan gambaran umum cara aplikasi residence permit secara online untuk studi di Swedia. Secara spesifik diperuntukkan bagi awardee LPDP (terkait biaya hidup, dokumen, dan lainnya).

Sebelum melakukan aplikasi secara online, pastikan kamu telah mempersiapkan:

  1. Pdf Notification of Selection Results dari admission yang menyatakan bahwa kamu admitted
  2. Menyiapkan SEK 1000 sebagai biaya aplikasi residence permit. Sistem pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Saya menggunakan kartu debit Bank Mandiri yang telah verified by visa sehingga dapat difungsikan layaknya kartu kredit (Ps: untuk mengaktifkan fitur ini dapat dilakukan di customer service Bank Mandiri terdekat *ngiklan*)
  3. Sebagai awardee LPDP, pastikan kamu telah memiliki Letter of Guarantee atau Letter of Sponsorship (sebagai pengganti Bank Statement bagi self-funding)
  4. Scan paspor yang berlaku minimal lebih dari 1 tahun sejak tanggal apikasi residence permit online
  5. Insurance statement yang dikirimkan universitas saat kamu dinyatakan diterima di universitas tersebut. Saat upload dokumen, kolom untuk upload insurance statement biasanya tidak tersedia. Disarankan agar dokumen ini dijadikan dalam satu file pdf dengan scholarship offering. Gak ada kolom upload tapi kok dipaksain diupload sih? Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila migrationsverket menginginkan dokumen ini. Apabila pihak migrationsverket menganggap dokumen kamu kurang, maka kamu harus mengirimkan dokumen tersebut terlebih dahulu untuk direview ulang (sudah terjadi pada beberapa orang). Sehingga kamu harus menunggu lagi hingga residence permit dinyatakan granted. Sayang kan waktunya terbuang untuk menunggu padahal dokumen seperti ini sifatnya urgent
  6. Membayar tuition feeBeberapa universitas, misalnya Uppsala University, menyarakan untuk membayar tuition fee terlebih dahulu sebelum aplikasi residence permit agar proses aplikasi tidak menjadi terlalu lama (beneran sih aplikasiku lama banget karena aplikasi residence permit dan pembayaran tuition fee dilakukan secara paralel. hiks!). Tapi, pada beberapa univeristas lain hal ini tidak berpengaruh kok.

Apabila semua sudah siap, maka aplikasi online bisa langsung dieksekusi:

  1. Masuk ke website https://www.migrationsverket.se . Eits, jangan shock dulu dengan bahasa Swedia yang jadi bahasa pengantar 😀 Bisa diubah ke Bahasa Inggris kok di sudut kanan atas
  2. Pilih Apply for Permit – Permit for Studies
  3. Klik Begin Application
  4. Masukkan First name-Surname-alamat email-Enter characters for the image-I accept these terms
  5. Selanjutnya, kamu akan menerima email dari pihak migrationsverket berisi data username dan password
  6. Kembali ke page registration dan isi form aplikasi online
  7. Beberapa tips untuk mengisi form aplikasi:
    • Isi contact information di awal dengan kontak di Indonesia. Untuk contact information berikutnya adalah kontak di Swedia, yaitu contact Admission Office dari tiap program di universitas (bisa dicek di website jurusan, biasanya sih kontak pihak yang sering mengirim kamu email di awal-awal dinyatakan diterima)
    • Walaupun lama studi adalah 2 tahun, isi periode aplikasi dengan 1 Agustus *tahun mulai studi*-1 September *tahun mulai studi+1* (misal: 1 Agustus 2017-1 September 2018) Kok cuma setahun? Karena residence permit hanya berlaku 1 tahun dan bisa diperpanjang untuk 1 tahun berikutnya.
    • Besaran uang yang dimiliki diisi dengan: living allowance per bulan dari LPDP dikalikan dengan jumlah bulan yang tertera di LoG (di kalimat yang ini loh: As part of the scholarship, the Indonesia Endowment Fund for Education will be responsible for her expenses during her study up to .. months)
    • “Waduh lamannya gak sengaja tertutup” Tenang, data kamu tersimpan dengan baik dan pengisian form bisa dilanjutkan tanpa mengulang dari awal kok
    • Di kolom “Have you paid your tuition fee?”. Jawab belum, pilih alasan karena “scholarship”
  8. Selanjutnya, kamu akan masuk ke laman untuk upload dokumen yang umumnya berisi:
    • Confirmation of Admission, yaitu dokumen pdf Notification Selection Result
    • Certificate of Scholarship, yaitu Letter of Guarantee atau Letter of Sponsorship dari LPDP
    • Copies of passport showing identity and validity
    • Current account statement, yaitu Letter of Guarantee atau Letter of Sponsorship dari LPDP
    • Decision of scholarship –> Letter of Guarantee atauLetter of Sponsorship dari LPDP
  9. Pembayaran dan submit aplikasi
  10. Tidak lama setelah proses submit, migrationsverket akan mengirimkan email berisi control number yang digunakan untuk menelusuri status aplikasi residence permit. Cara pengecekannya adalah dengan: masuk ke https://www.migrationsverket.se/English/Startpage.html – klik Check Your Application – Without login – klik Check Number – masukkan Control Number

Durasi untuk menunggu decision beragam antara 1-3 bulan. Berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman, ada yang 2 jam setelah apply sudah granted,2 minggu, dan lain-lain (kalau saya sampe 5 minggu baru granted)

Selain aplikasi online, kamu juga harus melakukan Biometrics di Kedutaan Besar Swedia di Indonesia yang berlokasi di Menara Rajawali, 9th floor, Kawasan Mega Kuningan, Lot 5.1, Jakarta. Tahap biometric adalah pengambilan foto, tanda tangan, dan sidik jari. Tahap ini dilakukan setelah residence permit dinyatakan granted. Curhat: namun, karena takut keputusan granted bertepatan dengan libur lebaran yang cukup panjang di Indonesia dan berakibat biometrics diundur, saya  dan beberapa teman-teman lain mohon izin dengan pihak embassy untuk biometrics terlebih dahulu sebelum dinyatakan grantedNamun, metode “shortcut” ini juga perlu disertai dengan kehati-hatian dalam mengisi data saat apply online. Berdasarkan cerita dari Bu Moel (pihak Embassy of Sweden di Jakarta), apabila kita salah dalam mengisi data, seperti nomor paspor, maka kesalahan ini tidak bisa diedit karena jika kita sudah biometrics, maka data yang diinput sudah di-lock oleh pihak migrationsverket. Namun, lebih baik mengikuti alur yang sudah ditetapkan oleh pihak Embassy,ya! Ini hanya karena saya dalam keadaan darurat dan sudah mepet waktu keberangkatan.

Kartu residence permit akan dikirimkan dari Swedia 2-4 minggu setelah biometrics (bagi yang sudah biometrics sebelum dinyatakan granted, maka terhitung sejak granted). Kartu residence permit saya bisa diambil tepat 3 minggu setelah granted (sudah biometrics sebelum granted)

Semoga sharing pengalaman ini membantu!!

Leave a Reply