Contoh Pertanyaan Wawancara Beasiswa Luar Negeri

Contoh Pertanyaan Wawancara Beasiswa Luar Negeri

PERINGATAN!

  1. FAQ ini tidak disusun agar calon penerima beasiswa LPDP bisa mengarang jawaban untuk sengaja membuat reviewer terkesan (jangan pernah berpikir untuk mengarang jawaban tidak sesuai dengan kondisi dan kenyataan yang ada. Beberapa reviewer akan bertanya dari topik A, ke topik B, lanjut ke topik C, kembali ke topik A, tiba-tiba ke topik D, dan kembali lagi ke topik B. Jawaban yang tidak jujur akan tampak dari inkonsistensi jawaban. Selain itu, proses interview dengan reviewer adalah proses ‘memohon’  izin untuk menggunakan uang rakyat sebagai sumber kehidupan dan pendidikan dalam kurun waktu tertentu. Kalau perjuangannya saja udah diawali dengan kebohongan, apa bedanya dengan koruptor? Yakin jalan kehidupan selanjutnya akan membawa berkah?)
  2. FAQ ini merupakan hasil kumpulan pertanyaan dari beberapa awardee dan ke-insecure-an saya saat mempersiapkan diri jelang seleksi substansi. Pertanyaan dapat berbeda sesuai dengan karakter diri masing-masing, esai yang di-submit saat seleksi administrasi, jurusan/universitas serta negara tujuan, dan berbagai faktor x lainnya
  3. Persiapkan jawaban dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pendaftar dengan tujuan universitas luar negeri memiliki kemungkinan akan melalui proses wawancara dalam Bahasa Inggris saja, campuran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, atau hanya Bahasa Indonesia  (kewenangan reviewer).
  4. FAQ ini bertujuan agar:
  • calon penerima beasiswa LPDP dapat mempersiapkan jawaban yang lengkap dan sistematis sehingga mudah dipahami dan dapat meyakinkan para reviewer
  • calon penerima beasiswa LPDP dapat memastikan bahwa semua pertanyaan dapat dijawab sesuai dengan realita yang ada
  • memastikan bahwa calon penerima beasiswa LPDP mengetahui seluk beluk jurusan/universitas yang ingin diambil, negara tujuan, komitmen dan introspeksi diri, kondisi dan kebutuhan negara saat ini, dan kontribusi yang dapat diberikan ke Indonesia.

PERKULIAHAN

  1. Kenapa memilih universitas dan jurusan itu? Mis: fasilitas, profesor yang ahli di bidangnya, modul yang ditawarkan
  2. Kenapa pilih negara itu? Mis: negara tersebut unggul dalam bidang [insert bidang yang ingin digeluti], Negara tersebut menjadi basis perusahaan [insert bidang yang ingin digeluti]
  3. Kamu bilang kalau kamu tertarik kuliah di [insert jurusan/universitas yang diminati] karena [insert alasan kamu tertarik kuliah di sana], memangnya di universitas lain gak ada? Kampus di US juga gak ada? Yakin? Kalau di negara lain atau universitas lain ada, kenapa gak daftar di sana aja?
  4. Seberapa yakin kamu bisa diterima di universitas tersebut?
  5. Kenapa ingin lanjut S2?
  6. Perkuliahannya total berapa kredit/SKS? Ada berapa mata kuliah/modul?
  7. Mata kuliah apa aja?
  8. Sistem belajarnya gimana?Jelaskan metode belajar yang dijelaskan di website, seperti perkuliahan, praktek, tutorial, dan problem-based learning. Pembelajaran juga dilakukan secara mandiri atau dalam grup.
  9. Sudah mencari-cari siapa yang akan membimbing thesis? Latar belakang pendidikan dan riset beliau bagaimana?
  10. Tesis nya mau tentang apa?
  11. Apakah ada universitas lain yang kamu minati?
  12. Apa yang kira-kira bisa menghambat kamu untuk lulus S2 tepat waktu dan bagaimana mengatasinya?
  13. Apakah ahli dari jurusan yang kamu pilih masih dibutuhkan saat ini?
  14. Apakah ingin melanjutkan S3?

HIDUP DI [insert negara yang ingin dituju]

  1. Biaya hidup sehari-hari? Umumnya setiap universitas telah mencantumkan di website universitas tentang biaya hidup minimal per bulan yang harus dimiliki tiap mahasiswa 
  2. Regulasi mau ke sana gimana? Dokumen apa aja yang disiapkan? Misal: visa, izin tinggal, dan lain-lain
  3. Tantangan hidup di sana apa? Bagaimana kamu mengatasinya nanti? Googling dan baca blog mahasiswa Indonesia yang telah terlebih dahulu menempuh studi di sana

PROSPEKTIF

  1. Kenapa mau jadi [insert karir masa depan yang ingin digeluti]?
  2. Yang udah kamu siapin untuk jadi [insert karir masa depan yang ingin digeluti]?
  3. Saat jadi [insert karir masa depan yang ingin digeluti] tugasnya apa aja sih?
  4. Mau jadi [insert karir masa depan yang ingin digeluti] di mana?
  5. Kontribusi yang akan kamu lakukan apa?
  6. Kalo mau jadi [insert karir masa depan yang ingin digeluti], daftarnya gimana sih?
  7. Kamu yakin bisa diterima jadi [insert karir masa depan yang ingin digeluti]?
  8. Kalo gak jadi [insert karir masa depan yang ingin digeluti], plan B kamu apa?

PERSONAL

  1. Tell about yourself
  2. Visi dan misi ke depan
  3. Yang membuat diri kamu berbeda dari aplikan lain dan kamu layak mendapatkan ini
  4. Pernah jauh dari rumah?
  5. Gimana kamu akan beradaptasi di [insert negara yang ingin dituju]?
  6. Organisasi yang sangat berkesan dan membentuk kepribadian kamu?
  7. Tokoh yang paling menginspirasi?
  8. Bagaimana orang biasanya menilai kamu?
  9. Kelebihan dan kekurangan kamu?
  10. Sekarang kesibukan kamu apa?
  11. Kok bisa jadi [insert kesibukan yang sedang dijalani]?
  12. Selama jadi [insert kesibukan yang sedang dijalani] kamu ngapain aja?
  13. Dengan menjadi [insert kesibukan yang sedang dijalani], pelajaran yang kamu dapet apa?
  14. Bagaimana kamu memandang diri kamu sendiri?
  15. Mengapa memilih LPDP?
  16. Apakah yakin akan menerima beasiswa ini?
  17. Bagaimana jika tidak mendapat beasiswa ini?
  18. Berarti gak apa-apa dong kalo gak dapet LPDP?
  19. Jika beasiswa LPDP tidak mencukupi biaya hidup kamu, apa yang akan kamu lakukan?
  20. Apa rencana kamu 5-10 tahun ke depan?
  21. Kamu melihat diri kamu 10 tahun lagi seperti apa?
  22. [insert organisasi yang pernah kamu ikuti] itu apa?
  23. Sejarah [insert organisasi yang pernah kamu ikuti]?
  24. Waktu di [insert organisasi yang pernah kamu ikuti] , kamu ngapain aja?
  25. Kok bisa bergabung [insert organisasi yang pernah kamu ikuti]?
  26. Kegagalan terbesar kamu apa? Bagaimana mengatasinya?
  27. Ceritakan tentang keluarga anda?
  28. Ekspresikan rasa cintamu pada bangsa Indonesia
  29. Sebutkan pengalaman kepemimpinan pribadi!
  30. Motto hidup kamu
  31. Apa pesan orangtua saat masih kecil?
  32. Apa landasan yang membuat kamu kuat dalam masa-masa sulit?

LPDP

  1. Nilai-nilai lpdp?
  2. Struktur lpdp?
  3. Visi dan misi lpdp
  4. Sumber dana lpdp?
  5. Ikrar lpdp?
  6. Sejarah LPDP?
  7. Visi LPDP?
  8. Misi LPDP?
  9. Tujuan dan Fokus LPDP?
  10. Makna lambang LPDP?
  11. Nilai dan Budaya LPDP?

Dan Lain-Lain

  1. Pancasila dalam Bahasa Inggris?
  2. Relevansi Pancasila dengan kondisi saat ini?
  3. Bagaimana jika diganti ideologi Islam?
  4. Apa makna nasionalisme untk kamu?
  5. Apa makna integritas?
  6. Menjadi warga negara yang baik itu seperti apa?
  7. Pendidikan dalam UUD 1945 di pasal berapa?

Leave a Reply